PROFIL KELULUSAN MAHASISWA

JURUSAN PSIKOLOGI



Profil lulusan adalah peran kariryang diharapkan dapat dijalani oleh lulusan suatu program pendidikan di masyarakat atau dunia kerja. Profil lulusan program pendidikan Sarjana S-1 Psikologi Unesa dirumuskan berdasarkanhasiltracer study dan mengacu pada Surat Keputusan (SK) AsosiasiPenyelenggara Pendidikan Tinggi PSikologi (AP2TPI) Nomor: 1/kep/AP2TPI/2019. 


Nomor / Kode
Profil Lulusan
Learning Outcome / Capaian Pembelajaran
P1

Konselor Psikologi

 

Deskripsi:

 

Konselor  psikologi memiliki kompetensi dalam memberikan layanan konseling secara individual maupun kelompok dan memberikan konsultasi lain untuk penyelesaian masalah psikologis serta pengembangan diri dan karir.

  •  Mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.

         Mampu menghargai keanekaragaman budaya pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau teman orisinal orang lain.

         Mampu bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

       Mampu menaati hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

      Mampu menginternalisasi nilai norma dan etika akademik.

         Mampu menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

         Mampu menguasai konsep dasar teori psikologi untuk menggambarkan dan menganalisis berbagai gejala psikologi pada individu, kelompok organisasi dan komunitas.

         Mampu memahami konsep dasar asesmen psikologis dalam menganalisis gejala psikologis pada individu, kelompok, organisasi, dan masyarakat.

         Mampu memahami konsep intervensi klinis berdasarkan prinsisp-prinsip perubahan tingkah laku pada individu, kelompok, organisasi dan masyarakat.

       Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.

       Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

     Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

         Mampu melakukan interview, observasi, tes psikologi yang diperolehkan sesuai dengan prinsip psikodiagnostik dan Kode Etik Psikologi Indonesia.

         Mampu menganilisis persoalan psikologis klinis dan persoalan perilaku, serta menyajikan alternatif pemecahan masalahnya yang sudah ada.

      Mampu melakukan intervensi psikologi klinis untuk perubahan perilaku individu, kelompok, organisasi, dan masyarakat dengan menggunakan konseling, psikoedukasi, pelatihan, dan teknik intervensi lain yang diperolehkan dengan mendasarkan diri pada konsep teoritis dalam psikologi dan Kode Etik Psikologi Indonesia.

         Mampu memperoleh serta mengolah informasi melalui penggunaan teknologi secara bertanggungjawab dalam konteks psikologi.


    Mampu mempertanggungjawabkan hasil kerja berdasarkan Kode Etik Psikologi Indonesia

P2

Guru Pendamping Khusus

 

Deskripsi:

 

Guru Pendamping khusus (Pengajar Pendidikan Khusus) merupakan pengajar yang memiliki kompetensi dalam merancang kurikulum individual ABK, melaksanakan pendidikan ABK sesuai dengan karakteristik ABK, serta dapat mengevaluasi pembelajaran ABK.

  •  Mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.

     Mampu menghargai keanekaragaman budaya pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau teman orisinal orang lain.

         Mampu bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

       Mampu menaati hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

      Mampu menginternalisasi nilai norma dan etika akademik.

       Mampu menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

         Mampu menguasai konsep dasar teori psikologi untuk menggambarkan dan menganalisis berbagai gejala psikologi pada individu, kelompok organisasi dan komunitas.

      Mampu memahami konsep dasar asesmen psikologis dalam menganalisis gejala psikologis pada individu, kelompok, organisasi, dan masyarakat.

      Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.

     Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

     Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

       Mampu melakukan interview, observasi, tes psikologi yang diperolehkan sesuai dengan prinsip psikodiagnostik dan Kode Etik Psikologi Indonesia.

         Menguasai konsep  teoritik tentang pengembangan diri dan karir.

         Mampu menjelaskan perilaku dalam konteks pendidikan khusus (aspek pengetahuan-tambahan)

     Mampu mengembangkan instrumen pengukuran psikologi berlandaskan pada kaidah-kaidah teori tes klasik.

     Mampu mengembangkan alat ukur berupa skala psikologi dan tes potensi akademik

         Mampu menganalisis persoalan psikologis non-klinis dan persoalan perilaku, serta menyajikan alternatif pemecahan masalahnya yang sudah ada.

         Mampu memperoleh serta mengolah informasi melalui penggunaan teknologi secara bertanggungjawab dalam konteks psikologi.

    Mampu mempertanggungjawabkan hasil kerja berdasarkan Kode Etik Psikologi Indonesia

P3

Human Resource Development (HRD) / SumberDayaManusia (SDM)

 

Deskripsi:

 

Profesi bidang SDM atau HRD memiliki kompetensi dalam asesmen dan intervensi psikologi bidang organisasi dan pengembangan sumber daya manusia meliputi kemampuan dalam analisis dan evaluasi jabatan, desain pekerjaan, rekruitmen, pelatihan dan coaching, serta bentuk konsultasi lain untuk pengembangan organisasi dan SDM.

  •  Mampu berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.

     Mampu menghargai keanekaragaman budaya pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau teman orisinal orang lain.

        Mampu bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.

        Mampu menaati hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

        Mampu menginternalisasi nilai norma dan etika akademik.

        Mampu menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

        Mampu menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

        Mampu menguasai konsep dasar teori psikologi untuk menggambarkan dan menganalisis berbagai gejala psikologi pada individu, kelompok organisasi dan komunitas.

        Mampu memahami dan menerapkan metode penelitian dasar psikologi, termasuk rancangan penelitian analisis data dan interpretasinya.

        Mampu memahami konsep dasar asesmen psikologis dalam menganalisis gejala psikologis pada individu, kelompok, organisasi, dan masyarakat.

     Mampu memahami konsep intervensi non-klinis berdasarkan prinsisp-prinsip perubahan tingkah laku pada individu, kelompok, organisasi dan masyarakat.

      Mampu menguasai prinsip-prinsip literasi data dan komunitas.

        Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.

     Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.

     Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tatacara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan konsultasi, gagasan, desain atau kritik seni.

      Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.

        Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.

        Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.

        Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.

     Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

     Mampu beradaptasi, bekerjasama, berkreasi, berkontribusi, dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat serta berperan sebagai warga dunia yang berwawasan global.

        Mampu menegakkan intergritas akademik secara umum dan mencegah terjadinya praktek plagiarism.

      Mampu menggunakan teknologi informasi dalam konteks pengembangan keilmuan dan implementasi bidang keahlian.

      Mampu melakukan interview, observasi, tes psikologi yang diperolehkan sesuai dengan prinsip psikodiagnostik dan Kode Etik Psikologi Indonesia.

        Mampu menganilisis persoalan psikologis non-klinis dan persoalan perilaku, serta menyajikan alternatif pemecahan masalahnya yang sudah ada.

        Mampu melakukan intervensi psikologi non-klinis untuk perubahan perilaku individu, kelompok, organisasi, dan masyarakat dengan menggunakan konseling, psikoedukasi, pelatihan, dan teknik intervensi lain yang diperolehkan dengan mendasarkan diri pada konsep teoritis dalam psikologi dan Kode Etik Psikologi Indonesia.