PROGRAM STUDI PSIKOLOGI

      FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

 

Parameter Deskripsi

Capaian Pembelajaran (Programme Learning Outcome / PLO)

SIKAP DAN NILAI (Standar UNESA)

Menunjukkan perilaku yang didasari nilai moral luhur, menghargai perbedaan dan bersikap empatik

1.                    

Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukkan sikap

2.                    

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika

3.                    

Berkontribusi dalam meningkatkan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila

4.                    

Berperan sebagai warga Negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta tanggungjawab pada negara dan bangsa

5.                    

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain

6.                    

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

7.                    

Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara

8.                    

Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik

9.                    

Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri

10.                

Menginternalisasi semangat kemandirian, kemajuan dan kewirausahaan

11.                

Mewujudkan karakter “Iman, Cerdas, Mandiri, Jujur, Peduli dan Tangguh” dalam perilaku keseharian

12.                

Mempunyai ketulusan, komitmen, serta kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai dan kemampuan peserta didik (Khusus bagi lulusan program kependidikan)

PENGUASAAN PENGETAHUAN/ KEILMUAN

1.             

Menguasai konsep teoretis utama (major concepts) tentang proses dan fungsi mental manusia (seperti memori, emosi, dan motivasi), serta sejarah dan  aliran-aliran dalam psikologi.

2.             

Menguasai konsep teoritis tentang pengaruh otak dan sistem syaraf terhadap perilaku.

3.             

Menguasai konsep teoritis tentang proses belajar.

4.             

Menguasai teori-teori kepribadian.

5.             

Menguasai konsep teoritis tentang perkembangan manusia dari konsepsi sampai usia lanjut.

6.             

Menguasai konsep teoritis tentang kesehatan mental dan psikopatologi.

7.             

Menguasai konsep teoritis hubungan manusia dengan lingkungan sosialnya

8.             

Mampu menjelaskan perilaku dalam konteks budaya 

9.             

 Menguasai konsep dan teori-teori dasar dalam Psikologi Industri dan Organisasi.

10.           

Menguasai konsep dan teori yang mendasari perilaku organisasi

11.           

Menguasai teknik-teknik statistika dasar dan metodologi penelitian dasar.

12.           

Menguasai tahapan penyusunan skala psikologi, konsep-konsep dalam pengukuran psikologis (validitas, reliabilitas, norma), teori tes klasik, dan konsep dasar dalam psikometri.

13.           

Menguasai konsep dasar dan prinsip-prinsip psikodiagnostik, dan teknik interview, teknik observasi, serta konsep teoritis yang mendasari tes psikologi.

14.           

Menguasai dasar-dasar konseling, psikoedukasi, pelatihan, dan psikoterapi.

15.           

Menguasai konsep teoritik komunikasi antar pribadi dan komunikasi massa.

16.           

Menguasai prinsip-prinsip pendekatan komunitas dalam mengupayakan peningkatan  kesehatan mental.

17.           

Menguasai tata cara penulisan ilmiah dengan standar American Psychological Association(APA)

18.           

Menguasai Prinsip Etika Profesi dan Kode Etik Psikologi Indonesia

19.           

Menguasai konsep  teoritik tentang pengembangan diri dan karir.

20.           

Mampu menjelaskan perilaku dalam konteks pendidikan khusus (aspek pengetahuan-tambahan)

KETRAMPILAN KERJA UMUM

Ketetapan SNPT

1.             

Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;

2.             

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

3.             

Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;

4.             

Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

5.             

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

6.             

Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.

7.             

Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;

8.             

Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;

9.             

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;

 

 

 

PENGUASAAN PENGETAHUAN/ KEILMUAN

1.             

Mampu melakukan interview, observasi, tes psikologi yang diperbolehkan sesuai dengan prinsip psikodiagnostik dan Kode Etik Psikologi Indonesia.

2.             

Mampu mengembangkan instrumen pengukuran psikologi berlandaskan pada kaidah-kaidah teori tes klasik.

3.             

Mampu mengembangkan alat ukur berupa skala psikologi dan tes potensi akademik

4.             

Mampu menganalisis persoalan psikologis non-klinis dan persoalan perilaku, serta menyajikan alternatif pemecahan masalahnya yang sudah ada.

5.             

Mampu melakukan intervensi psikologi dengan menggunakan konseling, psikoedukasi, pelatihan, dan teknik intervensi lain yang diperbolehkan dengan mendasarkan diri pada konsep teoritis dalam psikologi dan Kode Etik Psikologi Indonesia.

6.             

Mampu melakukan rapport dan membangun hubungan profesional yang efektif serta membangun hubungan interpersonal yang sehat.

7.             

Mampu menyampaikan gagasan secara tertulis, menampilkan presentasi secara efektif, dan menggunakan teknologi informasi secara bertanggungjawab.

8.             

Mampu melaporkan hasil penelitian sesuai kaidah ilmiah

9.             

Mampu melakukan penelitian psikologi dengan metodologi penelitian kuantitatif (minimal dengan analisis statistika deskriptif atau inferensial bivariate,serta non-parametrik untuk observed variable), dan dengan metodologi penelitian kualitatif generik.

10.           

Mampu menganalisis dan menginterpretasi data

11.           

Mampu merencanakan dan mengembangan karier dan pengembangan dirinya sendiri (career and personal development).

12.           

Mampu mempertanggung-jawabkan hasil kerja berdasarkan Kode Etik Psikologi Indonesia.

13.           

Memahami dan mampu melakukan pemetaan kebutuhan organisasi, prosedur rekruitmen, dan pengembangan SDM

14.           

Mampu memotivasi dan menggerakkan individu untuk mengembangkan potensi diri

15.           

Mampu mengembangkan dan mengaplikasikan ide-ide kreatif

16.           

Menguasai prinsip game dan pelatihan dalam pengembangan kompetensi individu atau kelompok

17.           

Mampu merancang program intervensi dasar untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)

18.           

Mampu mengidentifikasi karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)

19.           

Mampu merancang stimulasi aspek-aspek perkembangan anak usia dini (AUD)

20.           

Berjiwa wirausaha dan berani memulai bisnis secara mandiri

21.           

Mampu memahami konsep perilaku  konsumen dan melakukan riset konsumen

22.           

Mampu merancang rencana  perubahan perilaku dan setting fisik berdasarkan pemahaman atas  konsep dan  teori hubungan timbal balik antara  perilaku manusia dengan lingkungan sosio-fisiknya .

23.           

Mampu mengolah, menganalisis, dan menginterpretasikan hasil pengolahan data kuantitatif menggunakan software SPSS

24.           

Memahami dan mampu merancang  strategi pengendalian massa

25.           

Merancang teknik pendampingan psikologis dalam kegiatan olahraga berdasarkan pemahaman gejala-gejala psikologis dalam performansi  olahraga


                                                                                          

                                                                                STRUKTUR KURIKULUM


No.

Kode MK

Nama Matakuliah

Nama Mata kuliah 

 (in English)

Kegiatan

Status

Sem ke

Prasyarat

K

P

W

P

 

 

1

0001212001

Pendidikan Agama Islam

Religion

 

2

-

 

 

-

1

 

0001212002

Pendidikan Agama Katolik

0001212003

Pendidikan Agama Protestan

0001212004

Pendidikan Agama Hindu

0001212005

Pendidikan Agama Budha

2

90120207

Pendidikan Kewarganegaraan

Civics

2

-

-

1

 

3

1064213008

Psikologi Umum I

General Psychology I

3

-

 

1

 

4

1064213009

Perkembangan Anak

Child Development

3

-

 

1

-

5

1064212010

Sosio-antropologi Pendidikan

Socio- anthropology of Education

2

-

 

1

 

6

0002213005

Bahasa Inggris

English

2

-

 

1

 

7

1064213012

Biopsikologi

Biopsychology

3

-

 

1

 

8

1064212013

Kognisi dan Emosi

Cognition and Emotion

2

-

 

1

 

9

1064213014

Psikologi Kepribadian I

Personality Psychology I

3

-

 

2

 

10

1064212015

Statistik Deskriptif

Descriptive Statistic

2

-

 

2

 

11

0001212009

Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia

2

-

 

2

 

12

0001212008

Pancasila

Pancasila

2

-

 

2

 

13

1064213018

Psikologi Umum II

General Psychology II

3

-

 

2

Psi. Umum 1

14

1064213019

Perkembangan Remaja dan Dewasa

Adolescent and Adulthood Development

3

-

 

2

Perkembangan Anak

15

1064212020

Psikologi Sosial I

Social Psychology I

2

-

 

2

 

16

0002212003

Psikologi Pendidikan

Educational psychology

2

-

 

2

 

17

0002213001

Dasar-Dasar Kependidikan

Principles of Education

3

-

 

2

 

18

1064213023

Psikologi Kepribadian II

Personality Psychology II

3

-

 

3

Psikologi Kepribadian 1

19

1064212024

Psikologi Komunikasi

Communication Psychology

2

-

 

3

 

20

1064212025

Psikologi Sosial II

Social Psychology II

2

-

 

3

Psi. Sosial 1

21

0002212002

Ilmu Alamiah Dasar  (IAD)

Basic Natural Science

2

-

 

3

 

22

1064212027

Statistik Inferensial

Inferential Statistic

2

-

 

3

Statistik Deskriptif

23

1064212028

Pengantar Tes Psikologi

Introduction to Psychological Tests 

2

-

 

3

 

24

0002212004

Filsafat Ilmu

Phylosophy of Science

2

-

 

3

 

25

1064212030

Psikologi belajar

Learning Psychology

2

-

 

3

 

26

1064213031

Observasi

Observation methods

3

1

 

3

 

27

1064213032

Metodologi Penelitian Kuantitatif

Research Methods in Psychology

3

1

 

4

Statistik deskriptif & inferensial

28

1064213033

Pengukuran psikologi

Psychological Assesment

3

1

 

4

 

29

1064213034

Wawancara

Interview methods

3

1

 

4

 

30

1064213035

Psikologi Klinis

Clinical Psychology

3

-

 

4

 

31

1064212036

Psikologi Sosial Terapan

Applied Social Psychology

2

-

 

4

Psi sosial 1 & 2

32

1064212026

Sejarah dan Aliran Psikologi

History and Systems of Psychology

2

-

 

4

 

33

1064213038

Psikologi Industri dan Organisasi

Organizational & Industrial Psychology

3

-

 

4

 

34

1064212039

Kode Etik Psikologi

Codes of Ethics in Psychology

2

-

 

4

 

35

1064213040

Psikologi Eksperimen

Experimental Psychology

3

1

 

5

 

36

1064213041

Penyusunan skala Psikologi

Psychological Scale Construction

3

1

 

5

 

37

1064213042

Tes inteligensi, Bakat dan Minat

 Aptitude, Interest & Inteligence Tests

3

1

 

5

 

38

1064213043

Metodologi Penelitian Kualitatif

Qualitative Research Methods

3

1

 

5

Observasi, Wawancara

39

1064212044

Psikologi Abnormal

Abnormal Psychology

2

-

 

5

 

40

1064212045

Psikologi Konseling

Counseling Psychology

2

-

 

5

 

41

1064212046

Ortopedagogi

Orthopedagogy

2

-

 

5

 

42

1064212047

Teknik Penulisan Karya Ilmiah

Scientific Writing Skills

2

-

 

5

 

43

1064212048

Tes Pauli dan Inventori

Pauli Test & Inventory

2

1

 

6

 

44

0002213009

KKN

Community Service

3

3

 

6

 

45

1064212048

Pengantar Psikoterapi

Introduction to Psychotherapy

2

-

 

6

 

46

 

Kewirausahaan

Entrepreneurship

2

1

 

6

 

47

1064212052

Psikologi Personalia

Personnel Psychology

2

-

 

6

 

48

1064212053

Kreatifitas dan keberbakatan

Creativity and Giftedness

2

-

 

6

 

49

1064212054

Teknik-teknik Konseling

Counseling Techniques

2

1

 

6

Psi. Konseling

50

1064212055

Psikologi budaya

Cultural Psychology

2

-

 

6

Psi Sosial 1 & 2

51

1064213056

Modifikasi Perilaku

Behavior Modification

3

1

 

6

 

52

1064212057

Psikologi Proyeksi

Projection Test

2

1

 

7

 

53

1064212058

Model-Model Pelatihan

Models of Training

2

1

 

7

 

54

1064212059

Pengembangan diri

Personal development

2

-

 

7

 

55

1064212060

Pendidikan Inklusif

Inclusive  Education

2

-

 

7

 

56

0002212010

PKL

Internship

2

2

 

7

 

57

1064216062

Skripsi

Thesis

6

6

 

7

 

58

1064112063

Rekruitmen dan seleksi

Recruitment and Selection

2

-

 

7

 

59

1064112064

Intervensi Perkembangan Anak Usia Dini

Interventions of Early Childhood Development

2

-

 

7

 

60

1064112065

Psikologi Kesehatan

Healthy Psychology

2

-

 

7

 

61

1064112066

Perilaku Organisasi

Organizational Behavior

2

-

 

7

 

62

1064112067

Kesulitan belajar

Learning Difficulties

2

-

 

7

 

63

1064112068

Gangguan Perkembangan Anak & Remaja

Developmental Disorders in Children & Adolescents

2

-

 

7

 

64

1064112069

Psikologi Keluarga

Psychology of  Family

2

-

 

7

 

65

1064112070

Psikologi lingkungan

Environmental Psychology

2

-

 

7

 

66

1064112071

Psikologi Massa

Mass Psychology

2

-

 

7

 

67

1064112072

Psikologi Gender

Gender Psychology

2

-

 

7

 

68

1064112073

Psikologi Konsumen

Consumer Psychology

2

-

 

7

 

69

1064112074

Program Pengolahan Data

Data Processing Program

2

-

 

7

 

70

1064112075

Psikologi Olahraga

Sport Psychology

2

-

 

7

 

 

 

 

 

164